5 Aneka Kuliner Khas Banjar Yang Layak Dicoba


  Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang sangat terkenal dengan daerah tempat wisata. Bukan sebagai tempat wisata namun provinsi ini sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Salah satu kuliner yang terkenal dari provinsi ini adalah soto banjar.
Soto banjar telah menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal dan diakui kelezatannya oleh banyak orang. Namun di provinsi sebesar Kalimantan Selatan bukan hanya ada soto banjar sebagai makanan khasnya. Berikut ini adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib anda ketahui karena makanan¬-makanan ini memiliki kelezatannya yang tak kalah dengan soto banjar dan makanan lainnya yang ada di Indonesia.

Supaya lebih meyakinkan Suka Gigit akan membahas satu persatu pengalaman tidak terlupakan oleh lidah dan perut kami ketika sedang liburan ke kota Banjarmasin.


1. Ketupat Kandangan


Siapa bilang makanan khas Banjarmasin yang enak cuma soto Banjar, masih ada banyak masakan khas Banjarmasin yang enak dan menggoyang lidah. Salah satunya adalah ketupat kandangan. Makanan yang konon dibuat pertama oleh masyarakat asal Kabupaten Kadangan Kalimantan Selatan sehingga dinamakan dengan ketupat kandangan. Dibuat dari ketupat yang disiram dengan kuah khusus yang menyerupai kuah opor. Warna kuning mengkilap karena mengandung minyak dan terdapat taburan bawang goreng diatasnya.

Kalau mau makan kuliner khas Banjarmasin ini, jangan harap dikasih sendok sama yang jual. Karena cara khas makan ketupat kandangan adalah dengan dipuluk atau dipegang dengan tangan tanpa sendok, padahal tidak berkuah, gimana jadinya ya. Pasti sobat akan punya sensasi yang lebih nikmat ketika makan ketupat kandangan dari Banjarmasin. Apabila mau lebih nikmat lagi, menikmati ketupat kandangan bisa dengan sate perut ikan ataupun telur ikan.


2. Lontong Orari


Lontong yang nama akhirnya diambil dari komunitas ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia), berbentuk segitiga lebar dan pipih. Satu porsi full berisi dua lontong. Porsi ini benar¬benar kelas berat. Kami hanya mampu menghabiskan satu setengah lontong yang berukuran besar itu. Lontong diguyur opor nangka muda. Warna kuahnya tidak sekuning ketupat kandangan, karena bumbunya memang tidak memakai kunyit.

Cara makan lontong orari mirip dengan ketupat kandangan, yaitu memakai tangan tidak memakai sendok. Buat yang tergiur mencoba, bisa menjajal Lontong Banjar yang ada di Rumah Makan Lontong Orari di Jalan Pahlawan (Simpang Kabel), Banjarmasin. Rumah makan ini buka dari pukul 19.00-07.00. Jadi jika tengah malam kita kelaparan, Lontong ORARI akan selalu siap menyuguhkan.


3. Sop Mutiara


Sup mutiara adalah makanan dari Kalimantan Selatan yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Yang unik adalah daging ayam tidak dicampurkan dengan begitu saja melainkan dibentuk menjadi bola¬bola dan inilah salah satu kenapa makanan ini dinamakan sup mutiara.


4. Gangan Humbut


Masakan khas Banjarmasin yang tidak terlewatkan yaitu Gangan Humbut. Makanan ini terbuat dari humbut yaitu bagian paling ujung pohon kelapa atau calon tunas daun pohon kelapa yang masih sangat muda dan sangat lunak. Di daerah Banjarmasin, humbut merupakan sayuran yang sangat populer dan biasa dijadikan sebagai menu utama sehari-hari.


5. Patin Bakar Dan Pepes Patin


Ikan patin adalah ikan asli Kalimantan yang banyak hidup di sungai-sungai di Kalimantan. Makannya makanan khas Banjarmasin ada juga yang menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Seperti kuliner Banjarmasin ini yaitu patin bakar dan pepes ikan patin. Membuat ikan patin bakar sangat mudah, setelah ikan dibersihkan kemudian dibakar setelah diolesi dengan bumbu kecap yang telah dibumbui sampai meresap. Ikan patin bakar sangat lezat karena menggunakan resep ikan bakar khas Banjarmasin.

Begitu juga dengan masakan khas Banjarmasin pepes ikan patin, meskipun cara pengolahannya berbeda namun kualitas rasanya tetap nikmat dan sangat terasa di lidah. Di Banjarmasin, istilah ikan patin pepes adalah pesmol patin.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Aneka Kuliner Khas Banjar Yang Layak Dicoba"

Posting Komentar